Senin, 16 Maret 2009

Mari Berfikir Positif

Ada berbagai cara manusia guna dapat meningkatkan kualitas diri dan kehidupannya, baik dengan pelatihan diri, belajar dan meningkatkan diri dengan ilmu pengetahuan, maupun lewat berbagai pengalaman hidup yang pernah dijalaninya. Setiap orang seperti ini sudah tentu berusaha untuk tahu bagaimana mereka dapat menjalani hidupnya dengan lebih mudah dan lebih baik. Hidup akan lebih mudah untuk dijalani bila kita menjalaninya dengan berfikir positif. Lalu bagaimana melatih diri supaya pikiran positiflah yang bersemayam di benak dan kepala kita, barangkali tidak banyak orang yang memahaminya. Untuk itu, alangkah baiknya kita mulai mengenali ciri-ciri orang yang selalu berfikir positif, dan bagaimana kalau kita mulai mencoba meniru jalan fikirannya.
Melihat Masalah Sebagai Tantangan ; Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan bikin hidupnya jadi paling sengsara di seluruh dunia.
Menikmati Hidupnya ; Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keaadaanya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.
Pikiran Terbuka untuk Menerima Saran dan Ide ; Karena dengan begitu, boleh jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik. Lupakan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak. Memelihara pikiran negatif lama-lama bisa diibaratkan membangunkan singa tidur. Sebetulnya tidak apa-apa, ternyata malah bisa menimbulkan masalah. Mensyukuri Apa yang Dimiliki ; dan bukannya berkeluh kesah tentang apa-apa yang tidak dipunyainya. Tidak Mendengarkan Gosip yang tidak Menentu ; Sudah pasti gosip berkawan dengan pikiran negatif. Karena itu, membiarkan telinga ini mendengarkan omongan yang tak ada juntrungannya adalah perilaku yang dijauhi si pemikir postif. Tidak Bikin Alasan, Tapi Langsung Bikin Tindakan ; Pernah dengar plesetan NATO (No Action Talk Only), Nah mereka ini jelas penganut pikiran positif. Menggunakan Bahasa Positif ; maksudnya kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti : "Masalah itu pasti akan terselesaikan," dan "Dia memang berbakat." Menggunakan Bahasa Tubuh yang Positif ; Di antaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif atau anggukan. Mereka juga berbicara dengan intonasi bersahabat, antusias dan hidup. Peduli Pada Citra Diri ; Itu sebabnya, mereka yang berfikiran positif berusaha tampil baik (walau bukan perfectionist). Bukan hanya di luar, tapi juga di dalam.

Tidak ada komentar: